5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam yang Manjur

Hampir setiap manusia pernah mengeluh terkait karang gigi. Jika dibiarkan, kemungkinan besar akan alami peradangan yang diiringi dengan iritasi. Tahukah kamu kalau cara menghilangkan karang gigi dengan garam itu cukup manjur? Berikut ini ada beberapa cara yang mudah dipraktikkan siapa saja agar terlepas dari masalah karang gigi.

Gambar dari bacaterus.net

1. Obati dengan Garam dan Cuka Putih

Kiat menghilangkan karang gigi dengan garam dan cuka putih sudah cukup dikenal secara luas. Kandungan asam asetat dalam cuka putih diyakini mampu mencegah demineralisasi terhadap enamel gigi. Ketika dikombinasikan dengan garam, khasiatnya mampu melawan bakteri yang sehari-harinya menyebabkan plak dan karang gigi.

Cara membuatnya dengan menyiapkan sesendok teh garam yang dicampur dengan sesendok teh cuka putih. Campurkan pula dengan air hangat kira-kira ½ cangkir saja. Gunakan larutan tersebut untuk kumur-kumur. Lakukan kurang lebih 1-2 kali sehari secara rutin sampai karang gigi di mulut benar-benar hilang dan lepas dengan sendirinya.

2. Obati dengan Garam dan Lidah Buaya

Cara membersihkan karang gigi dengan campuran lidah buaya dan garam juga terbukti ampuh. Selain bisa menyuburkan rambut, fungsi kombinasi bahan ini juga bisa untuk mengatasi penyakit gusi yang diakibatkan garang gigi serta plak. Soalnya kandungan antimikroba dalam lidah buaya tergolong tinggi.

Baca info lain  3 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami pada Lansia

Untuk membuat ramuannya, cukup sediakan lidah buaya sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk kapasitas garamnya ambil sekitar ½ sendok teh saja. Campur keduanya hingga membentu pasta. Kalau sudah, baru deh, kamu oleskan ke semua bagian gigi serta gusi. Terlebih lagi yang sudah berkarang.

3. Obati dengan Kombinasi Garam dan Pasta Gigi

Berhubung pasta gigi sudah menjadi barang wajib yang dipakai saat menyikat gigi, pasti kamu tahu kandungan di dalamnya. Ternyata cara mengobati gigi berlubang dan berkarang bisa menggunakan kombinasi garam dan pasta gigi. Cara bikin larutan atau ramuannya cukup mudah dan tidak memerlukan waktu banyak.

Mula-mula, kamu siapkan setengah sendok teh garam atau secukupnya. Kemudian campurkan dengan pasta gigi sampai saling berbaur. Pakailah untuk menyikat gigi setiap kali selesai makan, sebelum pergi kerja, maupun ketika mau tidur. Namun pastikan sikat gigi yang kamu pakai masih elastis agar penyikatannya bisa lebih merata sampai ke sela terkecil.

4. Obati dengan Garam plus Minyak Wijen

Untuk menemukan minyak wijen tidak terlalu sulit. Di pasar tradisional pun ada. Cara memutihkan gigi dengan garam dan minyak wijen juga terbukti ampuh. Tidak hanya untuk karang gigi saja. Manfaat lainnya bisa untuk mengobati gusi berdarah serta bau mulut. Banyak juga, ya.

Baca info lain  7 Masker Wajah Alami agar Wajah Putih Berseri

Cara bikin larutannya cukup mudah. Siapkan ½ sendok teh garam dan campurkan dengan minyak wijen secukupnya saja. Setelah selesai, langsung aplikasikan saja ke area gigi yang berkarang. Cara menghilangkan karang gigi dengan garam dan minyak wijen sebaiknya dilakukan paling tidak 2 kali sehari.

5. Obati dengan Air Garam Hangat

Cara ini mungkin yang paling umum dan sering dilakukan. Selain mudah, bahan-bahannya juga sangat murah. Kamu hanya butuh air hangat serta garam. Untuk mengaplikasikannya, tinggal campur segelas air hangat dengan garam. Lalu kamu gunakan untuk kumur-kumur agar karang gigi yang telanjur menempel bisa hilang perlahan-lahan.

Kunci dari cara menghilangkan karang gigi dengan garam adalah rutinitas. Jadi, kamu wajib konsisten ketika menerapkan cara-cara di atas. Sebaiknya, meskipun hanya sela sehari, tidak boleh sampai ada jeda. Soalnya menyangkut kesehatan gusi serta gigi yang kamu miliki. Bersabarlah dalam menjalani proses demi proses untuk mendapatkan hasil terbaik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.