5 Tempat Wisata Tersembunyi di Madiun yang Paling Memukau

Dikelilingi rangkaian Pegunungan Kendeng dan Gunung Wilis, Madiun menawarkan tempat wisata dengan panorama mengagumkan. Anda bisa menemukan berbagai kawasan bak surga yang tersembunyi di balik lebatnya hutan dan tingginya perbukitan. Nah, sebagai rekomendasi, Anda dapat menyambangi tempat-tempat berikut ini.

Gambar dari andriantw1964.wordpress.com

  1. Air Terjun Krecekan Denu

Sekitar 4 kilometer dari Desa Kepel, Madiun, Anda harus mengikuti jalan satu arah untuk menuju gapura Air Terju Krecekan Denu. Namun, perjalanan tak berakhir di sini; semua pengunjung mesti berjalan lagi sekitar 15 menit ke lokasi air terjun. Berhati-hatilah; medan jalan ke kawasan curug cukup terjal.

Sampai di lokasi Air Terjun Krecekan Denu, Anda akan disuguhi panorama debit air yang mengalir dari balik rimbunnya dedaunan. Di sekitar air terjun terdapat bebatuan besar, sungai kecil nan jernih, serta pepohonan hijau.

  1. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru merupakan aliran air yang bersumber dari Gunung Wilis. Lokasinya pun terletak di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut.

Air terjun muncul dari balik pepohonan rindang dan lebat. Debitnya yang deras, jatuh menimpa bebatuan dan sungai kecil di bawah curug. Keindahan air terjun ini pun makin terlihat dengan panorama perkebunan di sekitarnya. Jadi, sambil menyambangi air terjun, Anda juga bisa mengunjungi kebun apel, jeruk, dan tanaman cengkeh.

  1. Wisata Gunung Wilis

Anda suka berpetualang ke kawasan pegunungan? Kali ini, cobalah menyusuri hutan lebat di kawasan Wisata Gunung Wilis. Anda akan disuguhi panorama padang savana, bunga edelweiss, dan air terjun yang memesona. Pun terdapat berbagai macam flora, satwa liar, dan mungkin beberapa tumbuhan endemik.

  1. Air Terjun Banyulawe

Terletak di pelosok Dusun Gligi, Air Terjun Banyulawe menjadi curug dengan panorama paling cantik di Madiun. Ketinggian air terjun ini sekitar 40-50 meter dengan aliran air yang muncul dari balik dedaunan hijau. Debitnya cukup deras sehingga air terjun tampak eksotis.

Untuk menuju lokasi Air Terjun Banyulawe, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat Kota Madiun. Waktu tempuhnya pun lebih dari 1 jam. Persiapkan diri Anda untuk melewati medan yang tak biasa dengan naik kendaraan dan berjalan kaki. Meski begitu, perjalanannya cukup menyenangkan karena bisa melihat pemandangan indah sepanjang jalan.

  1. Air Terjun Kedung Malem

Air Terjun Kedung Malem berada di Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Jika ditempuh dari pusat Kota Madiun, butuh waktu sekitar 42 menit. Anda bisa berkendara menuju ke kawasan wisata Air Terjun Kedung Malem. Namun, untuk masuk ke area air terjun, harus berjalan kaki cukup jauh dengan melewati sungai dan bebatuan besar.

Tentu saja, kelelahan yang Anda rasakan selama perjalanan akan terbayar dengan melihat keindahan air terjun. Debitnya jernih; mengalir dari balik bebatuan hitam. Di sini Anda dapat menyaksikan dua curug sekaligus. Karena itu, orang juga kerap menyebutnya sebagai air terjun kembar.

Selain tempat wisata di Madiun tersebut, masih banyak kawasan yang bisa Anda kunjungi. Karena itu, cobalah bermalam selama beberapa hari untuk menjelajahi seluruh objek wisatanya. Agar lebih mudah mencari akomodasi, gunakan situs atau aplikasi Airy. Di sini, Anda dapat menemukan ratusan kamar hotel di Madiun dengan harga terjangkau.

Jangan khawatir soal fasilitas, karena tiap kamar dilengkapi tujuh fasilitas utama. Ada TV, AC, akses WiFi secara gratis, peralatan mandi, shower air hangat, tempat tidur bersih, dan air minum kemasan. Tak perlu ragu lagi; booking kamarnya dan lakukan pembayaran melalui kartu kredit atau transfer ATM.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.