6 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan Serum Wajah

Wajah cerah dan berseri tentunya perlu adanya perawatan rutin. Berbagai brand kosmetik menawarkan produk untuk mencerahkan wajah. Salah satunya berupa serum wajah yang diperuntukkan selain menyehatkan, juga membantu mencerahkan. Namun beberapa orang tidak menampakkan hasil karena salah dalam menggunakannya. Berikut alasannya!

  1. Memperhatikan Urutan Pemakaian Skincare

Merawat kulit wajah tidak sembarangan, perawatan ini harus memperhatikan urutan. Serum wajah tidak sama dengan pelembab. Perlu skincare lain untuk merawat kulit bersamanya secara berurutan. Anda perlu mengaplikasikan serum pertama kali dan menunggu beberapa detik agar meresap ke wajah sebelum menggunakan skincare lain.
Setelah serum dirasa cukup meresap, bisa ditambahkan pelembab di atasnya. Penggunaan serum sebelum pelembab, akan membantu kandungan dalam pelembab meresap secara sempurna ke dalam kulit. Formula pelembab lebih tebal dari serum, maka dari itu, penggunaan serum dilakukan lebih dahulu, setelah itu baru pelembab.

Seperti yang dikatakan ahli kecantikan kulit yaitu Cecilia Wong, bahwa penggunaan skincare dimulai dari kandungan yang sangat ringan seperti serum hingga kandungan yang paling tebal. Dikutip dari Daily Makeover yang menjelaskan bahwa urutan pemakaian skincare ini dikategorikan berdasarkan tekstur dari masing-masing jenis skincare.

  1. Memberikan Jeda Saat Menggunakan Serum

Seperti yang telah disebutkan di nomor satu, pemakaian serum tidak bisa langsung ditambah dengan pelembab di atasnya. Selain akan mengurangi resapan serum di wajah, cara penggunaan yang demikian juga dapat menyebabkan pelembab yang tidak menempel sempurna pada wajah. Terlebih jika pelembab yang digunakan mengandung pemutih.
Kandungan pemutih di wajah menjadi tidak rata karena kelembapan di wajah tidak sempurna. Serum yang dioleskan di wajah secara merata, ditunggu beberapa detik agar mengering atau dirasa sudah meresap. Anda juga bisa membantu proses penyerapannya dengan menepuk-nepuk halus serum di wajah.

Tepukan halus juga disertai dengan meratakan serum ke seluruh wajah agar penyerapannya merata sempurna. Anda tak perlu menepukkan serum hingga kering, hanya sekali dua kali, kemudian tunggu beberapa detik, maka serum akan cepat mengering. Cara ini juga memiliki fungsi agar kulit tidak berminyak hingga menimbulkan rasa lengket.

  1. Jangan Gunakan Serum Wajah Secara Berlebih

Bagi Anda yang pemula dalam menggunakan serum, informasi ini sangat penting. Hal ini karena sebagian besar orang menganggap bahwa semakin banyak serum yang digunakan maka makin mencerahkan. Anggapan seperti ini perlu diluruskan agar tidak menyebar di kalangan para pemula skincare.

Hanya perlu sedikit sekali serum yang diterapkan ke wajah. Meskipun hanya sedikit, namun cukup untuk menutrisi kulit wajah dan mencerahkan. Hal ini karena disesuaikan dengan kandungan serum yaitu mengandung konsentrat nutrisi yang sangat tinggi. Jadi, anggapan penggunaan serum secara berlebih itu salah dan jangan dilanjutkan jika sudah terlanjur.

Jika melihat penjelasan di nomor dua, serum diaplikasikan secara merata. Merata yang dimaksud dalam hal ini adalah serum yang diambil hanya sedikit, kemudian dioleskan ke area wajah. Bukan memiliki arti serum yang diambil harus menutupi seluruh wajah. Penggunaan yang salah seperti ini dapat menyebabkan kulit lengket dan berminyak.

Kandungan nutrisi yang tinggi dalam serum ini juga menginspirasi pada cara pengemasannya. Umumnya, kemasan serum hanya berisi 10 hingga 15 ml saja dalam satu botol kecil. Seperti yang dijelaskan ahli kecantikan yaitu Kathy Heshelow serum wajah cukup digunakan 1-2 tetes karena jika berlebihan justru akan membahayakan kulit wajah.

  1. Memilih Produk Serum Wajah Sesuai Tipe Wajah

Seperti produk kecantikan lainnya yang diperuntukkan untuk jenis kulit yang berbeda-beda. Serum wajah juga memiliki jenis yang berbeda dan penggunaan harus disesuaikan dengan tipe kulit. Tipe kulit dapat dikenali dari kondisi kulit saat suasana dan cuaca yang berbeda. Reaksi yang ditimbulkan dapat menjelaskan tipe kulit Anda.

Setelah Anda mengenal tipe kulit wajah, Anda bisa memilih serum untuk kulit wajah Anda. Tak hanya mengenali kondisi dan tipe kulit, Anda juga perlu mengenal jenis serum agar tak salah dalam menggunakan. Penggunaan yang salah mungkin tidak akan berdampak buruk pada wajah Anda, namun hasilnya menjadi tidak maksimal.

Anda bisa melihat serum dari bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Serta tujuan utama dari serum tersebut, karena memiliki tujuan yang disesuaikan dengan kondisi kulit. Saat ini banyak produk serum yang diperuntukkan untuk jenis kulit lebih spesifik. Jenis serum bertujuan untuk mencerahkan, menunda penuaan, mengencangkan, dan lainnya.

  1. Jangan Menyimpan Serum di Suhu Ruangan

Suhu ruangan umumnya berkisar 25⁰C hingga 28⁰C yang dapat mengubah kandungan dari serum sendiri. Hal ini juga berhubungan dengan pengemasan serum yang biasanya diselimuti bahan yang berwarna gelap. Memiliki fungsi agar kandungan serum tidak mudah rusak dan menghilangkan fungsi utama dari serum itu sendiri.

Kandungan serum dari bahan aktif ini yang mudah bereaksi jika langsung terdedah cahaya serta suhu yang menghangat. Penyimpanannya pun tidak bisa bertahan lama. Ini memiliki hubungan dengan berat serum yang hanya mengandung 10-15 ml saja. Tanggal kadaluarsa yang pendek ini juga dikarenakan bahan aktif dari serum wajah.

Maka dari itu, saran untuk pemakaian serum, dipakai secara rutin, karena tidak bertahan lama saat disimpan. Hal ini dikarenakan mengandung bahan aktif. Sangat disayangkan jika melewati tanggal penggunaan karena harganya yang cukup mahal dibandingkan produk lainnya.

  1. Tidak Bisa Dipakai Semua Orang

Fungsinya yang dikenal sangat manjur ini membuat siapapun tergiur untuk menggunakannya. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli, biasanya disediakan tester untuk calon pembeli. Pemilik wajah berjerawat, jika ingin menggunakan serum sebaiknya konsultasi dulu ke dokter.

Saran ini karena kandungan aktif dari serum dapat membuat iritasi pada kulit yang berjerawat. Memilih serum wajah terbaik untuk wajah Anda, tidak hanya agar wajah menjadi menawan, namun tetap harus memperhatikan kondisi kulit. Karena penggunaan pada wajah dengan kondisi khusus dikhawatirkan semakin memperparah.

Itulah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan serum wajah.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah normal, pemakain serum sangat direkomendasikan. Jika Anda masih bingung untuk memilih serum pencerah wajah yang cocok dengan kulit, bisa mulai dengan mencoba NIVEA Make Up Starter White Day Serum yang berguna untuk perawatan kulit, melembabkan dan memberi perlindungan dari sinar matahari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.