Cara Bersihkan Karang Gigi

Karang gigi secara umum memiliki tekstur yang lebih kasar dan bisa mengakibatkan masalah dan penyakit gusi. Jika sudah menumpuk terlalu banyak, karang gigi hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.

Nah, agar karang gigi tidak terus terbentuk atau bahkan sampai menumpuk, ada beberapa cara mudah yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkannya. Berikut ini adalah rinciannya.

Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Rajin menyikat gigi adalah salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan plak dan mencegah karang gigi agar tidak terbentuk. Maka dari itu pastikan kamu menyikat gigi dua kali sehari, masing-masing sekitar 2 menit. Hindari menyikat gigi yang terburu-buru karena bisa jadi pembersihannya kurang maksimal.

Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu lembut serta cukup tipis untuk mencapai sela-sela gigi di bagian samping atau pun belakang. Jika gusimu berjenis sensitif, hindari penggunaan sikat gigi yang berbulu kasar.

Dan agar hasilnya semakin maksimal dalam mengurangi karang gigi dan plak, kamu lebih baik memakai sikat gigi elektrik. Beberapa penelitian sudah menemukan kalau sikat gigi elektrik bisa menghilangkan plak lebih banyak daripada sikat gigi biasa.

Kalau dirasa perlu, saya sarankan kamu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi saat memilih sikat gigi elektrik.

Pilih Pasta Gigi Fluoride

Pastikan kamu memilih pasta gigi yang mengandung bahan fluoride. Fluoride mampu memperkokoh lapisan enamel gigi dan mengurangi risiko pembusukan dari makanan serta minuman yang ber-Ph asam.

Bahkan, ada yang bilang kalau fluoride juga bermanfaat untuk membantu proses regenerasi alami gigi yang telah rusak. Selain fluoride, triclosan juga diketahui bisa membantu berperang dengan bakteri penyebab munculnya plak di gigi.

Hindari pula konsumsi makanan manis berlebih dengan maksud membantu menjaga kesehatan gigi.

Flossing

Flossing atau lebih dikenal dengan benang gigi adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan plak, terutama pada sela-sela atau area antara gigi yang sukar dijangkau oleh sikat gigi. Maka dari itu, pilihlah benang gigi yang bersahabat dengan kondisi gusi serta gigi kamu. Jika tidak yakin dengan pilihanmu, kamu hendaknya berkonsultasi dengan dokter gigi supaya mendapat rekomendasi.

Kamu juga bisa mendapatkan efek maksimal untuk menghilangkan plak dan karang gigi dengan rutin berkumur memakai mouthwash. Ini hampir sama dengan flossing; berkumur juga bermanfaat untuk mensterilkan serta membunuh bakteri di area gigi yang sukar dijangkau oleh sikat gigi pada umumnya.

Dan jangan lupa, pilihlah mouthwash yang nyaman kamu gunakan. Hindari yang terlalu keras karena malah bisa merusak gigi.

Hindari Makanan dan Minuman Manis

Memilih jenis makanan dan minuman juga penting untuk menjaga gigi dari plak serta karang gigi yang mengancam. Karena itu, alangkah baiknya kalau kamu menghindari makanan dan minuman manis bakteri bisa tumbuh sehat di sana.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.