Cara Mengatasi Pilek Untuk Anak Anda

Siapa yang belum pernah terkena batuk pilek? Rasanya jarang ada orang yang kebal terhadap batuk pilek, penyakit ini malah sudah dianggap penyakit langganan yang selalu datang setiap kali terjadi perubahan musim. Apakah Anda sekarang sedang pilek dan sedang mencari Obat flu paling ampuh ? Batuk pilek beda dengan influenza, biasanya gejala batuk pilek dimulai 2-3 hari setelah terjadinya infeksi, yaitu bersin-bersin, hidung berair, hidung tersumbat, batuk, dan suara serak. Hal itu bisa berlangsung kurang lebih seminggu, dan yang perlu kita perhatikan antara lain: Jika hanya 2-3 hari berarti gejalanya ringan. Jika sampai 2 minggu berarti gejalanya tergolong parah. Jika sudah lebih dari 2 minggu gejala pilek belum hilang juga, bisa jadi penyebabnya adalah alergi.

Berikut beberapa obat pilek untuk anak yang terbukti ampuh secara ilmiah mampu mengatasi virus penyebab pilek, di antaranya:

  1. Menghirup Uap Panas

Profesor Steve Field, ketua Royal College of General Practitioners menuturkan sekumpulan virus dan respons kekebalan tubuh yang kurang baik menyebabkan gejala pembengkakan saluran hidung dan lapisan sinus. Alhasil hal itu menyebabkan si kecil bersin, pilek dan mata sakit. Prof Field menyarankan uap adalah pilihan yang baik untuk meredakan pilek. Caranya, ajak anak menghirup uap dari semangkuk air panas. Bunda bisa memberi tetesan minyak tumbuhan seperti minyak kayu putih atau minyak hangat lainnya. Penambahan minyak hangat ke dalam air panas ini, sehingga akan membuat hidung yang pilek menjadi lebih lega.

  1. Minum Minuman Hangat

Minuman hangat bekerja dengan sangat baik untuk meredakan pilek. Begitu kata Profesor Ron Eccles, Direktur Common Cold Research Center di Universitas Cardiff. Suatu studi menemukan efek dari minum minuman hangat akan menimbulkan aliran udara hidung yang tersumba. Nah, hidung yang pilek akan mengalami penurunan derajat penyumbatan sehingga menjadi lebih segar. Minuman hangat ini juga membuat batuk dan sakit tenggorokan lebih ringan.

  1. Makan Sup Ayam atau Kari

Sup buatan sendiri sangat baik untuk semua hal, terutama jika itu menggunakan daging ayam. Saat memakan sup ayam hangat, hidung akan menghirup uap aromatik, sehingga membuat hidung lebih lega. Sup ayam juga membuat tubuh terhidrasi dan memberi kenyamanan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.