Cara Mengetahui Nomor Kartu Debit dan Bagian Penting Kartu Debit Lainnya

Apakah Anda adalah salah satu diantara banyak orang yang telah menggunakan kartu debit? Jika iya maka hal tersebut memang tidak mengherankan lagi mengingat kepraktisan dan kemudahan yang bisa kita dapatkan saat menggunakan kartu perbankan yang satu ini. Bagi Anda yang belum tahu kartu debit ini merupakan salah satu layanan perbankan yang memungkinkan kita tidak hanya sekedar mempunyai kartu ATM untuk melakukan transaksi seperti tarik tunai atau transfer saja tetapi juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sangat praktis saat berbelanja. Kita juga tidak perlu lagi khawatir akan datangnya tagihan hasil belanja kita di akhir bulan karena saldo yang kita gunakan untuk berbelanja tersebut adalah murni dari saldo tabungan kita sendiri.

Karena berbagai kelebihannya seperti yang telah disebutkan di atas maka tidak heran saat ini mulai banyak orang yang ingin membuat dan memiliki kartu debit untuk menunjang aktifitas belanja mereka. Namun cukup banyak pula yang masih bingung saat pertama kali memegang kartu debit terutama mengenai kode dan nomor kartu debit tersebut baik dari letak maupun fungsinya. Hal ini berkaitan dengan saat akan melakukan transaksi pembayaran di tempat tertentu maupun untuk kepentingan lainnya seperti login mobile banking dari beberapa bank kita diwajibkan untuk memasukan nomor kartu debit kita.

Oleh karena itu berikut ini akan di ulas secara mendalam mengenai tampilan pada kartu debit untuk mengetahui yang manakah yang merupakan nomor kartu debit yang nantinya akan digunakan untuk berbagai kepentingan seperti yang telah disebutkan di atas. Walaupun bentuk atau tampilan dari kartu debit dari masing-masing bank berbeda namun secara umum tetap memiliki tampilan yang utama yang relatif sama sebagai berikut :

1. Nomor Kartu Debit

Salah satu bagian terpenting yang ada pada sebuah kartu debit tentunya adalah nomor kartu debit itu sendiri. Nomor kartu debit ini memiliki fungsi utama untuk mengidentifikasi atau sebagai identitas dari kartu debit kita. Nomor kartu debit yang terdiri dari 16 digit angka itulah yang dijadikan identitas dimana pada digit depan menunjukan jaringan kartu yang kita gunakan apakah MasterCard atau Visa. Sedangkan untuk 5 digit berikutnya menunjukan bank yang menerbitkan kartu debit kita dan untuk 9 digit terakhir merupakan identitas pemilik kartu. Nomor kartu debit ini sebenarnya cukup mudah kita temukan karena tertera jelas di bagian depan kartu debit kita.

2. Smart Chip, Magnetic Stripe, Hologram, dan CVC

Smart Chip ini dipasang untuk menambah tingat keamanan yang dimiliki kartu debit kita yang sebelumnya hanya memakai magnetic stripe saja. Penggunaan magnetic stripe tanpa smart chip memang sangat rentan untuk dicuri datanya atau skimming crime yang tentunya sangat meresahkan. Hal ini karena magnetic stripe menyimpan segala informasi mengenai kartu debit kita seperti nomor kartu, nama pemilik, dan lain-lain. Sedangkan hologram berfungsi sebagai validasi bahwa kartu debit yang kita gunakan adalah asli dan bukan tiruan. Terakhir untuk semakin meningkatkan keamanan kartu terutama saat melakukan transaksi sebagai kode konfirmasi terdapat CVC pada bagian belakang kartu. Untuk alasan keamanan sebaiknya kode CVC yang berupa tiga digit angka tersebut Anda isolasi/ditutup saat tidak dibutuhkan.

3. Nama Pemegang Kartu dan Tanggal Kadaluarsa

Pada tampilan depan bagian bawah kartu debit terdapat nama pemegang kartu yang dicetak dengan huruf kapital serta juga terdapat tanggal kadaluarsa kartu sebagai pengingat untuk kita agar mengganti kartu sebelum tanggal kadaluarsa tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.