Cara Menghilangkan Bau Badan Menggunakan Bahan Herbal

Masalah bau badan bukanlah hal yang sepele. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, aroma tubuh yang kurang sedap dapat mengganggu orang sekitar. Penggunaan deodoran cukup efektif untuk mengatasi masalah ini, tapi sayangnya beberapa orang alergi terhadap deodoran. Namun tak perlu khawatir, berikut cara menghilangkan bau badan menggunakan bahan herbal.

Daun Sirih

Penyebab utama bau badan adalah produksi keringat yang berlebih. Keringat ini akan dimakan oleh bakteri dan menghasilkan zat yang oleh hidung manusia dipersepsikan sebagai bau. Daun sirih cukup efektif dalam membantu menghilangkan bau keringat, menghambat dan membunuh bakteri serta mengatasi masalah keringat berlebih.

Guna menghilangkan aroma tubuh yang kurang sedap, Anda bisa menggunakan daun sirih untuk mandi. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih. Kemudian, campurkan air rebusan tersebut ke dalam bak mandi dan gunakan untuk mandi. Jika dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Bawang Putih

Mungkin bagi sebagian orang aroma bawang putih cukup mengganggu. Namun di balik aromanya yang menyengat terdapat khasiat untuk mengatasi bau badan. Bawang putih memiliki kandungan antibakteri, antioksidan dan allicin. Allicin merupakan senyawa sulfur yang membuat aroma bawang putih menyengat.  Namun, allicin cukup ampuh mengatasi bau badan.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, haluskan 3 siung bawang putih. Kemudian, oleskan bawang putih halus tadi pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin satu hari sekali, maka bau badan akan hilang secara bertahap.

Rosemary

Selain digunakan untuk memasak, rosemary juga dapat mengatasi masalah bau badan. Rosemary mengandung minyak atsiri atau minyak esensial. Umumnya minyak esensial memiliki kandungan antibakteri. Hal inilah yang menyebabkan rosemary ampuh mengatasi bau badan.

Selain itu rosemary juga memiliki aroma wangi yang khas sehingga dapat membantu menyamarkan aroma tubuh yang kurang sedap. Anda bisa menggunakan rosemary dengan dua cara, mengoleskan minyak esensial rosemary langsung pada ketiak atau menggunakan air rebusan rosemary untuk mandi.

Cuka Apel

Cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Anda bisa mengoleskan cuka apel pada ketiak atau memercikannya setelah mandi, dengan begitu pH kulit akan menjadi asam dan bakteri sulit tumbuh.

Perihal bau cuka yang menyengat, Anda tak perlu khawatir karena nanti akan hilang dengan sendirinya. Sebelum mengoleskan pada ketiak sebaiknya coba terlebih dahulu guna mencari tahu apakah Anda alergi terhadap cuka atau tidak. Selain itu, jika Anda baru mencukur rambut ketiak, sebaiknya jangan gunakan cara ini karena berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit.

Perasan Lemon

Sama halnya dengan cuka, lemon juga memiliki pH yang asam sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Campurkan perasan lemon dengan sedikit air, lalu oleskan pada ketiak. Tunggulah hingga air lemon tersebut mengering sebelum menggunakan pakaian. Pasalnya jika perasan lemon terserap oleh pakaian, hal yang Anda lakukan akan sia-sia.

Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki kandungan antibakteri yang ampuh mengatasi masalah bau badan. Selain mampu membunuh bakteri, tea tree oil juga dapat membuat pH kulit menjadi asam, sehingga bakteri akan semakin sulit bertahan. Cara menggunakannya cukup menyeka ketiak dengan tea tree oil sebanyak 4—5 kali sehari.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan dengan bahan herbal. Meskipun mengandung bahan alami, kemungkinan Anda alergi terhadap bahan tersebut tetap ada. Jadi, cobalah untuk mencoba sedikit sebelum menggunakan secara menyeluruh. Agar bau badan tidak datang kembali, pastikan juga ada menjaga kebersihan tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.