IBX5B0B9EDEB1FB5

Ciri Manusia Kuat

Manusia kuat seperti judul lagu yang dibawakan oleh Tulus layak menjadi tujuan yang harus dicapai oleh manusia. Kuat secara jiwa tidak hanya raga sangat penting dimiliki agar tidak mudah putus asa dan terlalu frustasi jika ada masalah.

gambar dari www.tipsdoktercantik.com

Tidak usah terlalu peduli dengan ucapan dan opini orang lain karena diri kita sendiri yang menjalani hidup. Orang lain tidak bisa tahu secara detail apa yang terjadi dengan diri kita sehingga tidak usah peduli dengan opini negatif mereka. Mental kuat wajib dibentuk, tetapi bagaimana caranya? Coba terapkan beberapa ciri berikut ini agar menjadi manusia kuat.

Membentuk Kecerdasan Emosi

Kecerdasan emosional (EQ) adalah dasar utama yang membentuk kekuatan mental. Cobalah untuk memahami dan mengontrol emosi negatif kalau ingin sukses. Emosi negatif biasanya menyulut amarah yang akan membuat jiwa tidak sehat. EQ bisa dibentuk dengan fleksibel melalui pemahaman dan usaha. 90 persen orang di dunia ini menjadi sukses akrena telah berhasil mengelola emosi sehingga EQ yang dimiliki sangat tinggi. Bahkan orang dengan EQ tinggi bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar daripada orang biasa atau orang dengan EQ yang rendah.

Baca info lain  Makanan Anti Lapar yang Bagus Untuk Diet

Tumbuhkan Percaya Diri

Orang yang bermental kuat tentu saja memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan percaya diri orang bisa memiliki keyakinan untuk sukses melakukan apapun. Menurut sebuah fakta berdasarkan studi di Universitas Melbourne menghasilkan bahwa orang yang percaya diri mendapatkan upah yang lebih tinggi dan mudah untuk dipromosikan oleh perusahaan dalam waktu cepat daripada rekan-rekannya. Keyakinan untuk mengendalikan emosi juga berasal dari percaya diri sehingga mudah saja untuk menjadi manusia kuat. Tantangan dalam bentuk apapun bisa diselesaikan dengan baik karena memiliki percaya diri dan keyakinan bahwa “aku bisa” melakukannya.

Berani Bilang “Tidak”

Beberapa tipe orang memang sulit untuk bilang ‘tidak’ karena tidak enak dengan orang lain. Kalau tidak sesuai dengan pemikiran sebaiknya berani bilang ‘tidak’ dengan tegas. Menurut penelitian di UC Berkeley, semakin sulit menolak untuk melakukan sesuatu akan menyebabkan stress, kelelahan, dan depresi. Orang yang bermental kuat benar-benar tahu kapan untuk bilang ‘tidak’ dengan tegas sehingga tidak akan terbebani lagi dengan perasaan tidak enak kepada orang lain.

Baca info lain  Waspadai Ponsel Menyebabkan Kerusakan Kulit

Merasa Tidak Perlu Menyenangkan Semua Orang

Orang yang bermental kuat juga sadar bahwa kita tidak pernah bisa menyenangkan semua orang. Tipe manusia seperti ini bisa bersikap baik dan adil tetapi bisa menangani sikap orang lain yang kesal karena konsistensinya. Saat berhadapan dengan orang-orang yang membawa pengaruh negatif bisa dengan tegas menjauh dan menghindar. Tipe manusia kuat biasanya lebih bijaksana dan pandai mempertimbangkan segala sesuatu. Situasi yang sudah kacau bisa diatasi dengan baik karena manusia kuat bisa mengontrol emosinya sehingga tidak lama-lama tenggelam dengan rasa kesal atau depresi yang menyesatkan.

Manusia kuat bisa bertahan dalam keadaan buruk sekalipun sehingga dalam kondisi apapun bisa mengatasi masalah dengan baik. Orang bermental kuat tidak akan terlalu tenggelam dengan keburukan yang terjadi tetapi justru membalikkan keadaan menjadi lebih baik. Bersikap tenang juga biasa diterapkan oleh manusia kuat sehingga tidak mudah terpengaruh dengan keadaan sekitar dan tetap berpegang teguh dengan prinsip. Kesuksesan memang hanya bisa dicapai oleh orang-orang yang optimis dan konsisten dengan kebaikan dan kemampuan yang dimiliki. Tidak ada jalan yang terlalu mulus untuk dilalui. Semangat menginspirasi!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.