IBX5B0B9EDEB1FB5

Eksotisme Banda Neira yang Memikat

Kepulauan Banda di Maluku Tengah memiliki pulau nan eksotis bernama Banda Neira. Banda Naira tak lagi menjadi pusat perdagangan seperti pada masa colonial Belanda, saat ini telah berubah menjadi destinasi wisata alam. Pulau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan manca negara karena keunikan alam dan kehidupan masyarakat setempat.

Mari ketahui lebih lanjut beberapa destinasi unggulan yang harus dikunjungi di Banda Neira.

Benteng Belgica

Ikon Banda Neira ini wajib dikunjungi sebagai bukti telah menginjakkan kaki di sana. Benteng peninggalan Portugis ini dahulu dibangun sebagai bentuk pertahanan untuk mencegah serangan VOC Belanda. Arsitektur asli peninggalan penjajah masih kokoh walaupun sudah berumur ribuan tahun. Dari atas benteng bisa menikmati pemandangan alam Banda Neira yang menawan. Laut Banda yang luas berwarna senada dengan langit pasti membuat siapapun merasa kagum dan terpesona saat berada di sana. Benteng berbentuk persegi lima ini jika dilihat dari udara atau difoto dengan drone ternyata bentuknya mirip dengan Gedung Pentagon di Amerika Serikat. Tak heran banyak orang menjuluki Benteng Belgica ini The Indonesian Pentagon dan sedang diajukan sebagai Situs Warisan Dunia ke UNESCO sejak tahun 1995. Sampai sekarang belum mendapat persetujuan dari UNESCO, miris ya?

Baca info lain  Liburan ala Venice di Cianjur

Pulau Hatta

Pulau Hatta pada awalnya bernama Pulau Rosengain. Kemudian diubah namanya untuk mengenang jasa bapak proklamator tanah air, yaitu Bung Hatta. Pulau ini memiliki pantai andalan yang terkenal dengan kebersihan dan keindahannya. Tidak ada yang menyangkal keindahan pulau ini.

Pasir putih yang lembut seperti bedak pasti membuat para pengunjung senang untuk menyentuhnya atau memainkan pasirnya. Merasa betah adalah hal yang pasti saat berada di pulau ini terutama di pantainya. Bagi pecinta laut bisa bersenang-senang dengan alam bawah lautnya baik snorkeling maupun diving bisa dilakukan. Jika ingin datang ke pulau ini harus menyewa perahu motor selama 2 jam perjalanan dari Banda Neira. Sebelum sampai di pulau ini pasti sudah sangat terhibur melihat keindahan sekitarnya dari perahu motor. Kalau sudah tiba di pulau ini tentu kebahagiaan semakin lengkap.

Desa Lonthoir

Desa Lonthoir memiliki banyak spot wisata menarik seperti Benteng Holandia, Kebun Pala dan Kenari, serta Sumur Air. Jangan sampai melewatkan sunset moment karena keindahannya terutama di dekat dermaga menjadi andalan pulau ini. Para pengunjung pasti takjub dengan pesona matahari terbenam yang seolah masuk ke laut. Langit yang jingga membawa suasana senja semakin syahdu. Menikmat momen matahari tenggelam sambil minum secangkir kopi atau teh pasti membawa kenikmatan hakiki yang tidak bisa ditukar dengan apapun.

Baca info lain  Liburan ala Venice di Cianjur

Pulau Nailaka

Pulau ini tidak berpenghuni , namun sangat aman untuk dikunjungi. Pulau nan mungil yang kalau di daerah lain sering disebut pulau gosong karena ukurannya yang kecil ini juga memiliki spot wisata andalan. Pantai dengan pasir putih bersih dan lembut beserta keindahan bawah laut yang wajib diselami menjadi kemewahan yang disediakan oleh pulau ini. Spot bawah laut yang cantik bisa dinikmati saat snorkeling atau diving dan wajib diabadikan dengan kamera underwater. Terumbu karang warna-warni dan ikan-ikan yang bervariasi menjadi keindahan yang tak boleh terlewatkan. Kalau tidak bisa berenang atau takut air tidak usah khawatir karena semua itu bisa terlihat dengan jelas dari daratan sebab air lautnya sangat jernih tanpa polusi.

Kunjungi juga “Clean Water Maluku Utara”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.