Ingin Mulai Usaha Kuliner? Yuk Coba Rintis Usaha Es Pelangi

Es pelangi adalah salah satu olahan es tempo dulu yang masih tetap eksis hingga sekarang. Dulu, packaging es pelangi hanya dimasukkan kedalam plastic kevil dan membentuk seperti es lilin. Banyak orang dari berbagai kalangan usia sangat menyukai olahan es ini.

Selain rasanya yang segar dan nikmat, es pelangi memiliki warna-warna yang terlihat menarik. Nama lain dari es pelangi adalah es mambo. Jika dulu es pelangi hanya memiliki beberapa varian saja, sekarang sudah banyak inovasi dari varian es pelangi. Rasanya yang segar dan pembuatannya yang sederhana menjadikan es ini sebagai makanan jadul yang tetap eksis dan mampu bersaing dengan banyak produk makanan khas era millennial.

Dengan eksistensi es pelangi, olahan ini memiliki potensi yang besar dalam usaha kuliner. Rasanya yang segar dan nikmat ditambah perpaduan warna-warna pelangi yang ada mampu menarik minat konsumen, terlebih anak-anak.

Seperti yang diketahui, Anak-anak sangat menyukai makanan yang terlihat bagus seperti es pelangi. Tidak hanya anak-anak saja, es pelangi juga dapat merambah pasar penjualan hingga ke orang dewasa. Terlebih lagi disaat musim kemarau, olahan minuman seperti es tentu menjadi primadona semua orang.

Cara membuat es pelangi pun sangat mudah. Bahan yang digunakan untuk membuatnya juga gampang ditemukan di toko-toko. Oleh karena itu, peluang usaha es pelangi sangatlah potensial. Saat berbisnis kuliner, hal pertama yang akan dilirik konsumen adalah packagingnya. Jika dilihat, packaging es pelangi sudah bagus karena bisa memperlihatkan warna dari es pelangi itu sendiri. Namun selain packaging dan warna, penjual juga harus memperhatikan aspek rasa.

Meski memiliki packaging yang menarik, rasa tetap menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Jika hanya menarik dari segi warna dan packaging saja, konsumen mungkin tidak akan mau lagi menikmati es pelangi tersebut.

Berbisnis es pelangi tidak perlu menyewa ruko atau gedung. Cukup siapkan gerobak atau etalase untuk menjual es pelangi. Sebaiknya mulailah menjual es pelangi pada waktu siang hari hingga sore hari.  Cobalah untuk berjualan di area pinggir jalan, berkeliling kompleks ataupun stand by di sekolah-sekolah.

Dalam berbisnis pasti memiliki resiko masing-masing yang harus ditanggung oleh para pengusaha, tak terkecuali dengan berbisnis es pelangi. Kebanyakan resiko yang harus ditanggung oleh penjual es pelangi adalah apabila jumlah pembeli es pelangi hanya sedikit. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pilihlah lokasi yang potensial untuk berjualan, seperti sekolah.

Cara memasarkan es pelangi ini cukup mudah, Anda bisa memasang sebuah banner yang menarik dan unik agar bisa membuat orang-orang tertarik untuk membeli.

Saat ini, es pelangi tidak hanya dijual dengan bentuk seperti es lilin saja. Sudah banyak es pelangi yang dijual dalam bentuk cup ataupun gelas. Bahkan banyak restoran-restoran yang mulai memasukkan es pelangi kedalam menu andalannya.

Setelah mengetahui semua hal tentang es pelangi, mari simak resep membuat es pelangi yang mudah dan gampang diikuti.

Es Pelangi Versi Cup

Bahan-bahan                     :

  1. Daging buah alpukat
  2. Delima merah matang yang siap makan
  3. Selasih yang sudah direndam
  4. Kelapa kopyor, keruk isinya
  5. Sirup secukupnya
  6. Susu kental manis secukupnya
  7. Es batu (optional)

Cara Membuat                  :

  1. Siapkan cup atau gelas yang akan pakai.
  2. Masukkan daging alpukat secukupnya, isi kelapa kopyor yang sudah dikeruk, biji buah delima, serta selasih yang sebelumnya sudah direndam.
  3. Masukkan es batu seperlunya saja.
  4. Langkah terakhir adalah siram semua bahan di dalam gelas atau cup tadi dengan susu kental manis dan sirup.

Demikianlah pengetahuan dan resep yang bisa Anda gunakan saat ingin memulai bisnis es pelangi. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.