Keuntungan dan Kerugian Meminjam Tanpa Agunan

Selamat datang di tulisan terbaru dari Planet Blog.

Kredit tanpa agunan sekarang populer di kalangan masyarakat. Karena saat seseorang mengajukan proses kredit ke penyedia jasa kredit, pasti memikirkan aset apa yang bisa dijadikan jaminan, entah surat rumah, surat tanah, surat kendaraan bermotor, logam mulia, atau surat berharga.

Kredit Tanpa Agunan

Dibalik kemudahannya, kalian harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan saat meminjam tanpa agunan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan

  1. Fleksibel untuk berbagai macam keperluan kredit. Tipe cicilan tanpa agunan ini memberikan debitur kebebasan untuk menggunakan dana yang diberikan untuk berbagai macam keperluan, bahkan untuk keperluan konsumtif sekalipun. Namun diperlukan kebijakan dalam menggunakan kredit ini, agar tidak melampaui batas dari kemampuan anda untuk membayar angsuran.
  2. Prosesnya tidak ribet dan tidak diperlukan jaminan. Alasan pihak bank tidak mengharuskan nasabah menyediakan jaminan adalah bank menanamkan kepercayaan kepada para nasabah agar bisa mengelola dana yang diberikan dengan baik. Hal ini juga strategi agar lebih banyak nasabah yang mengajukan proses kredit ke bank tersebut. Keuntungan lain anda tetap bisa menggunakan aset dan mendapatkan dana untuk keperluan sehari-hari. Pastikan anda taat dalam membayar angsuran kredit, karena akan mendapat bonus dari bank. Kalau anda sampai tidak membayar angsuran dan menjadi kredit macet, maka nama anda akan menjadi negatif di daftar Bank Indonesia, dan akan kesulitan dalam mengajukan kredit di tempat lain.
  3. Proses pengajuan kredit yang cepat dan mudah. Waktu yang dibutuhkan persetujuan kredit tanpa agunan ini terbilang cepat, ada yang satu minggu selesai, bahkan ada yang 1 hari sudah disetujui. Karena hal itu, kredit jenis ini sangat membantu bagi nasabah yang memerlukan dana dalam waktu cepat, misal untuk biaya pengobatan, biaya pendidikan, dan biaya lainnya.

3 hal di atas merupakan keuntungan dari meminjam dana dari bank dengan jenis kredit tanpa agunan.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

  1. Suku bunga tinggi. Sebelum kalian mengajukan jenis pinjaman tanpa jaminan ini, pastikan kalian sudah memperhitungkan suku bunga yang ditawarkan. Hitung dengan teliti, jangan sampai membayar angsurannya menjadi tambahan beban di keuangan anda. Suku bunga yang ditawarkan biasanya datar hingga akhir pelunasan.
  2. Plafon dan tenornya terbatas. Jenis pinjaman ini dana yang bisa diberikan biasanya dibawah 300 juta rupiah dan waktu pelunasan yang pendek, dari 1 tahun hingga 5 tahun.
  3. Pinjaman terbatas sesuai dengan profesi atau jumlah penghasilan. Pihak bank biasanya memberikan pinjaman jenis ini kepada karyawan tetap, profesional, atau pengusaha yang mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya. Minimal penghasilannya 2 juta rupiah setiap bulan.

Itulah 3 kekurangan dari pinjaman jenis tanpa jaminan atau agunan.

Dari penjelasan kelebihan dan kekurangan kredit jenis tanpa agunan di atas, kalian sudah bisa menentukan kredit jenis ini sesuai dengan kebutuhan anda?

Prosesnya memang mudah, cepat, dan tanpa jaminan. Tapi saat anda memulai meminjam dengan kredit jenis ini, pastikan aliran uang kalian tidak kacau dan tetap bisa membayar selama masa angsuran. Karena kalau menjadi kredit macet, maka nama kalian akan menjadi negatif di Bank Indonesia dan akan kesulitan saat melakukan proses keuangan dengan pihak bank lain.

Sekian tulisan tentang meminjam tanpa agunan ini, semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian yang galau mau minjam dana di bank dengan proses tanpa jaminan. Pastikan kalian membagikannya di sosial media ya biar teman kalian yang lain juga tau.

Sampai jumpa di tulisan lainnya, dadah!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.