IBX5B0B9EDEB1FB5

Mengenal Lebih Dekat dengan Raja Ampat

Raja Ampat adalah salah satu pulau di Indonesia yang mempunyai pesona alam yang sangat indah, pulau tersebut terletak di Papua Barat, Indonesia. Keindahan yang dimiliki Raja Ampat menjadikan pulau ini sebagai salah satu unggulan tempat pariwisata bawah laut paling terkenal di Indonesia. Satu hal paling menarik di pulau ini yaitu pemandangan indah bawah lautnya, dengan pemandangan keindahan bawah laut tersebut, Raja Ampat selalu dapat memikat para wisatawan untuk berkunjung kesana. Tidak sedikit pula wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat untuk melihat pesona terumbu karang dan aneka biota bawah laut yang indah. Banyak juga wisatawan yang berpendapat bahwa pulau Raja Ampat ini mempunyai keanekaragaman terumbu karang dan biota laut terbanyak di dunia. Bahkan biota laut yang langka pun bisa wisatawan temukan di pulau ini.

Kebanyakan dari pecinta alam ataupun masyarakat biasa sudah tidak asing lagi dengan pulau Raja Ampat dengan keindahan alam yang dimilikinya. Namun perlu untuk diketahui bahwa Raja Ampat adalah kabupaten yang berlokasi di Kepulauan Papua yang terdiri dari 610 pulau, diantaranya Pulau Waigeo, Misool, Salawati dan juga Pulau Batanta. Keindahan pesona laut yang dimiliki Raja Ampat sangatlah menakjubkan, sehingga membuat kepulauan ini semakin populer di seluruh penjuru dunia. Bahkan dasar laut Raja Ampat menjadi surga nyata yang bisa ditemui untuk para penyelam yang melakukan diving di Kota Waisai tersebut. Memang Raja Ampat menjadi pulau paling terkenal dengan spot menyelam terbaik untuk para penyelam-penyelam Nasional dan Internasional, sehingga sangat cocok untuk para wisatawan yang mempunyai kegemaran tersebut.

gambar dari IG @taritake

Lokasi

Lokasi wisata Raja Ampat tidak sengaja ditemukan oleh penyelam asal Belanda yang bernama Max Ammer sekitar tahun 1990. Pada waktu itu Max Ammer bermaksud berkunjung ke Raja Ampat untuk menyelam ke dasar laut untuk mencari peninggalan kapal laut dan pesawat pada Perang Dunia ke-II. Setelah melakukan penyelaman di Raja Ampat, Max Ammer terpesona melihat keindahan alam yang dimiliki pulau tersebut. Kemudian setelah selesai menyelam, Max Ammer mengajak temannya dari Australia yang bernama Gerry Allen untuk meneliti tempat tersebut. Sejak itulah, Raja Ampat semakin terkenal di seluruh dunia dengan kekayaan biota laut yang dimilikinya.

Baca info lain  4 Wahana di New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

Di tempat ini para penyelam dapat berjumpa dengan kuda laut, Papuan Epaulette, ikan bersayap lima meter, rombongan ikan Barakuda dan beragam jenis ikan lainnya. Bahkan Raja Ampat bisa dikatakan sebagai kekayaan Indonesia dengan koleksi biota laut dan lengkapnya jenis terumbu karang.

Tidak hanya keindahan alam yang dimiliki Raja Ampat, tetapi di pulau Wai wisatawan juga bisa melihat peninggalan sejarah perang dunia II yaitu pesawat-pesawat yang karam. Selain itu juga memiliki peninggalan sejarah lain seperti cap tangan yang ada di pegunungan Misool dan diperkirakan berusia sekitar 50.000 tahun.

Pesona

Banyak sekali rutinitas masyarakat sekitar ataupun pengunjung yang bisa ditemui jika berkunjung ke Raja Ampat, mulai dari memancing, berlayar, wisata kuliner, naik perahu, diving, snorkeling dan masih banyak lagi lainnya. Hal wajib yang harus wisatawan rasakan ketika mengunjungi Raja Ampat yaitu diving, ketika melakukan kegiatan tersebut maka wisatawan akan dimanjakan dengan pesona dan keindahan alam bawah laut yang ada disana, terlebih jika ketika menyelam ditemani oleh penyu, ikan pari dan aneka ragam warna-warni terumbu karang yang indah. Tentu hal demikian menjadi sebuah pengalaman paling mengesankan dan tidak terlupakan ketika menyelam di kepulauan Papua. Sedikitnya terdapat sekitar 565 spesies koral serta hewan yang tidak memiliki tulang belakang sekitar 699 spesies.

Baca info lain  Berkunjung ke Danau Toba ? Jangan Lewatkan Tempat Wisata Ini

Tidak hanya keindahan bawah laut saja yang dapat memikat wisatawan, tetapi terdapat keindahan Raja Ampat lainnya yang pastinya dapat memikat banyak wisatawan untuk berkunjung ke kepulauan ini. Beberapa keindahan lainnya yang melengkapi pesona Raja Ampat seperti warna-warni batu kapur, indahnya pemandangan hutan lebat, sarang penyu yang indah di tepi laut, spesies flora dan fauna langka dan masih banyak lagi pesona lainnya. Ketika merasa lapar wisatawan tidak perlu khawatir, karena banyak kuliner yang bisa wisatawan coba disana, tentunya kuliner khas papua dengan rasanya yang lezat akan membuat liburan wisatawan semakin lengkap dan berwarna.

Kebanyakan dari wisatawan pasti sudah mengetahui salah satu makanan khas Papua yang sangat populer, yaitu Papeda. Benar bukan ? Ya, papeda adalah salah satu makanan khas Papua yang terbuat dari tepung sagu dan disajikan dengan ikan asam, sambal, dan bumbu kuning. Selain makanan khas tersebut, wisatawan juga wajib mencicipi minuman segar Papua yaitu saguer atau minuman yang terbuat dari kelapa murni yang menyegarkan ditambah dengan udara sekitar yang sejuk. Satu hal lagi yang tidak boleh wisatawan lewatkan yaitu melihat indahnya matahari terbit dan matahari terbenam, tidak sedikit pula yang ingin mengabadikan momen indah tersebut dengan mengambil foto ataupun video untuk kenang-kenangan.

Raja Ampat tidak hanya memiliki biota laut yang sangat lengkap, tetapi berbagai fauna lain juga ada seperti burung cendrawasih, kakatua, maleo, waigelo dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu terdapat juga aneka ragam flora seperti anggrek. Kelengkapan flora dan fauna di Raja Ampat tersebut ditambah dengan kondisi alam yang masih asri dengan udaranya yang sejuk dan memiliki hutan mangrove, pantai tebing, dan padag lamun menjadikan pulau ini sebagai wisata paling lengkap.

Baca info lain  Inilah Objek Wisata Labuan Bajo dengan Panorama Terbaik

Raja Ampat juga memiliki gugusan karang terlengkap dan terbesar yaitu hampir 75 persen dari seluruh spesies karang yang ada di dunia berada di tempat ini serta Raja Ampat memiliki 540 karang keras, 700 molusca, 90 persen terumbu karang dan 1000 ikan karang,

 

Bagaimana, apakah sekarang wisatawan sudah memiliki rencana untuk berkunjung ke Raja Ampat ? Jika ya, hal tersebut sangatlah benar, kekayaan alam yang dimiliki pulau tersebut memanglah tidak perlu diragukan lagi, karena pesona yang dimilikinya akan dapat membuat kagum semua wisatawan yang berkunjung kesana. Oleh karena itu, tidak perlu heran lagi jika setiap harinya Raja Ampat dipenuhi oleh pengunjung yang berlibur baik masyarakat Indonesia ataupun masyarakat asing dari seluruh penjuru dunia.

Sangat disarankan sebelum berangkat ke Raja Ampat wisatawan sudah mempersiapkan semuanya dengan baik agar ketika berada disana segala sesuatu yang sudah disiapkan berjalan dengan baik. Selain itu salah satu hal yang wajib dan harus semua wisatawan lakukan adalah menjaga kebersihan ketika berada disana serta tidak membuang sampah sembarangan agar keindahan alam yang ada di pulau tersebut tetap terjaga.

Ketika wisatawan berada di Raja Ampat maka jangan heran lagi jika akan merasa berat untuk pergi dari sana, bahkan ingin berlama-lama berada di pulau yang indah tersebut. Jika wisatawan merasa seperti itu maka tenang saja, karena wisatawan bisa menyewa penginapan yang ada disana.

Sumber : Rekreasi Alam Indonesiawww rekreasialam.co.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.