IBX5B0B9EDEB1FB5

Pengingat Efektif untuk Si Pelupa

Lupa itu manusiawi tetapi kalau sering lupa itu harus diatasi. Suka lupa adalah karakter buruk yang harus dihilangkan karena bisa menghambat segala kegiatan dalam hidup.

gambar dari kesehatantubuh-tips.blogspot.com

Tidak hanya orang tua, anak muda juga sering lupa sehingga berbagai kegiatan penting bisa terlewatkan karena lupa. Menjadi pelupa tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang lain.

Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi pengingat yang efektif bagi si pelupa

Hubungkan sesuatu yang dilupa dengan hal sejenis

Daya ingat biasanya terkoneksi satu sama lain sehingga untuk mengingat sesuatu biasanya harus dihubungkan dengan hal sejenis. Misalnya saat rapat lupa sesuatu yang sudah direncanakan sebaiknya ingatlah hal sejenis yang mungkin akan membawa memori terhadap sesuatu yang penting tersebut bisa datang kembali.

Baca info lain  Makanan Anti Lapar yang Bagus Untuk Diet

Fokus dalam melakukan sesuatu

Menurut pemegang medali Kejuaraan Daya Ingat Dunia, Ed Cooke, ada metode ampuh untuk mengurangi sifat pelupa yang diberi nama radio nonmetafora. Si pelupa bisa menggunakan televisi sebagai media atau alat bant u. Bagaimana caranya? Atur waktu menyala televisi selama 3 menit lalu dimatikan selama 1 menit. Lakukan hal ini selama 3 kali  pengulangan (repetisi) untuk melatih daya ingat. Cobalah beberapa kali sampai sifat lupa hilang dengan sendirinya.

Belajar Mengingat Ulang

Luangkan waktu setiap hari pada waktu malam selama 10 menit untuk mengingat kembali hal-hal penting yang telah dilakukan. Menurut Cooke, cara ini efektif untuk mengurangi risiko lupa karena biasanya akan terbawa ke dalam mimpi sehingga menjadi memori jangka menengah yang mudah diingat.

Kelompokkan Barang Sesuai Kategori

Pengelompokkan barang sesuai kategori ini disebut metode cicerio. Metode ini membuat kita ingat tentang kategori sehingga saat lupa tentang suatu hal bisa mengingatnya kembali dari kategorinya. Cobalah metode ini di rumah dengan mengambil contoh sebuah barang. Misalnya, lupa menaruh gelas di mana, cobalah ingat hal-hal yang berkaitan dengan gelas dan lokasi mana saja biasanya dijadikan tempat menaruh gelas. Ingatlah bahwa gelas termasuk kategori “perabot dapur” jadi mungkin saja diletakkan di meja yang ada di dapur atau di meja lainnya.

Baca info lain  Tips Diet yang Mudah Ala Artis

Hal-hal yang sudah dijelaskan adalah beberapa metode ilmiah yang bisa dilakukan untuk mengatasi lupa. Tetapi kalau sudah pelupa akut sebaiknya melakukan beberapa langkah nyata ini agar hal-hal penting tidak terlupakan dan membawa masalah.

Berikut ini beberapa perilaku yang harus dilakukan segera sebelum terlambat

Biasakan menulis jadwal kegiatan

Kalau termasuk pelupa maka harus membiasakan diri untuk menuliskan jadwal kegiatan sehari-hari atau hal penting apa saja yang harus dilakukan secara rinci. Tanggal dan jam harus dicantumkan juga agar tidak salah atau keliru saat melakukan kegiatan. Jenis kegiatan atau apa saja yang harus dilakukan juga wajib dicatat agar tidak ada yang terlewatkan.

Pasang Alarm

Tidak hanya membuat catatan (notes) pada hp atau buku catatan khusus, buatlah juga alarm pengingat. Orang yang pelupa bahkan bisa juga lupa untuk melihat catatan yang telah dibuatnya sehingga harus ada pengingat yang langsung bisa dilihat dan memaksa si pelupa untuk segera melakukan kewajibannya. Alarm dengan suara keras tentu saja membuat si pelupa sadar dan ingat sehingga bisa bergegas untuk melaksanakan kegiatan atau setidaknya melakukan persiapan terlebih dahulu.

Baca info lain  Tips Agar Tidak Mudah Dehidrasi

Bicarakan dengan Orang Terdekat

Pasangan atau saudara dekat harus diberi tahu tentang kegiatan penting sehingga mereka juga bisa menjadi alarm hidup yang akurat untuk mengingatkan.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pengingat efektif bagi pelupa. Semangat untuk menerapkan semuanya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.