Perlukah Broker Asuransi Untuk Membantu Bisnis Perusahaan?

Asuransi tidak hanya dibutuhkan oleh individu saja. Perusahaan, baik dalam skala kecil, menengah maupun besar, juga membutuhkan asuransi dalam melindungi bisnis yang dijalaninya sebagai salah satu bentuk pengendalian risiko secara finansial yang dilakukan. Salah satunya yaitu menggunakan asuransi bisnis.

Dikutip dari merdeka.com, menurut studi yang dilakukan oleh salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia, hingga saat ini hampir 50% perusahaan di Indonesia belum memiliki asuransi untuk melindungi bisnis mereka. Padahal, ketika tidak memiliki asuransi, perusahaan bisa berpotensi mendapatkan risiko kerugian yang lebih besar. Maka, menggunakan asuransi adalah sangat penting sebagai salah satu cara untuk mengurangi risiko finansial bisnis.

Membeli asuransi bisnis, lewat broker asuransi atau langsung ke perusahaan asuransi?

Pialang atau broker asuransi merupakan usaha jasa konsultasi dan/atau keperantaraan dalam membantu nasabah, baik perseorangan maupun perusahaan guna mendapatkan hak polis asuransi atas perusahaan asuransi serta penanganan penyelesaian klaimnya dengan bertindak untuk dan atas nama pemegang polis.

Dengan definisi diatas, memang belum bisa untuk menjawab kebutuhan perlunya broker asuransi untuk membantu bisnis perusahaan dan membeli asuransi bisnis. Berikut adalah peran dan fungsi utama dari broker asuransi agar dapat lebih memahami tentang apa yang bisa broker asuransi berikan sesuai dengan Peraturan OJK No 70/POJK.05/2016:

  1. Broker asuransi akan melakukan identifikasi risiko bisnis dari kemungkinan terjadinya risiko sebelum memberikan solusi termasuk jenis asuransi bisnis yang tepat.
  2. Broker asuransi membantu memilihkan penanggung (perusahaan asuransi) yang aman bagi klien atau tertanggung, mempersiapkan dan membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan kompetitif mulai dari quotation/proposal slip hingga placing/closing slip.
  3. Broker asuransi wajib memiliki afiliasi dengan beberapa perusahaan asuransi (penanggung).
  4. Menjembatani pemilihan dan negosiasi tingkat premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien (tertanggung).
  5. Selama polis berjalan, broker asuransi wajib membantu pemegang polis atau tertanggung dalam rangka memenuhi persyaratan pengajuan klaim kepada Perusahaan Asuransi, serta menginformasikan  perkembangan status klaim atau manfaat, dan besarnya nilai klaim atau manfaat yang disetujui.
  6. Broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan risk inspection serta administrasi program selama polis masih berjalan.
  7. Wajib melakukan peninjauan atas kredibilitas Perusahaan Asuransi dari berbagai aspek termasuk aspek finansial dan kemampuan/kapasitas dalam menerima risiko tertentu;
  8. Broker asuransi wajib memiliki Tenaga Ahli yang sesuai dengan bidang usaha dan kompetensinya, sehingga harus mampu meyakinkan banyak pihak dan menyelesaikan masalah yang muncul.

Risiko tiap bisnis dan industri biasanya unik dan berbeda. Dari fungsi dan peran broker asuransi tersebut diatas, bisa disimpulkan bahwa broker asuransi memang sangat membantu perusahaan. Selain dapat mengidentifikasi risiko bisnis yang mungkin tidak terpikirkan oleh perusahaan, broker asuransi juga dapat memberikan jenis asuransi bisnis yang tepat sesuai dengan profil risiko bisnis. Karena, bisa terjadi yang pada awalnya terpikir akan membeli asuransi bisnis tipe A, ternyata yang dibutuhkan tipe B.

Seiring dengan semakin kompleksnya risiko bisnis yang akan dihadapi oleh perusahaan, terutama persaingan bisnis di era  revolusi industri 4.0, risiko bisnis yang tidak dikelola dengan baik akan memberikan kerugian finansial yang signifikan dan bisa membuat bisnis tutup.

Peran besar broker asuransi sangat berguna dalam meminimalisir risiko bisnis sebuah perusahaan. Pilihlah broker asuransi yang memiliki kredibilitas tinggi dalam mengelola risiko bisnis dan memberikan asuransi bisnis yang terpat sesuai profil risiko dan kebutuhan perusahaan. Marsh Indonesia dapat menjadi pilihan yang tepat apabila membutuhkan broker asuransi karena telah berpengalaman membantu ribuan perusahaan dalam melakukan manajemen risiko serta memberikan asuransi bisnis terbaik kepada kliennya. Sehingga, perusahaan bisa lebih fokus dalam mencapai target dan mengembangkan bisnis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.