Ragam Kebiasaan Ini Dapat Mengganggu Perkembangan Janin

Masa kehamilan merupakan masa awal di mana Anda bisa mendukung tumbuh kembang bayi Anda kelak. Oleh karena itu, semua kebiasaan yang Anda lakukan di masa ini, bisa memberikan efek baik maupun buruk pada janin yang Anda kandung. Untuk menghindari terjadinya efek buruk pada perkembangan janin, sebaiknya Anda hindari kebiasaan buruk saat hamil berikut ini.

kebiasaan-yang-mengganggu-perkembangan-janin

 Stres dan Terlalu Banyak Pikiran

Pada saat tengah berbadan dua, sebaiknya hindari kondisi atau situasi yang membuat Anda menjadi banyak pikiran dan berakhir dengan perasaan stres. Stres yang dialami akan mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan Anda. Otak bayi juga akan terhambat perkembangannya, karena stres yang Anda alami saat tengah mengandungnya.

Agar bisa terhindar dari stres saat hamil, sebaiknya Anda aktif ikut kelas relaksasi, meditasi atau yoga. Kegiatan ini dipercaya dapat memberikan ketenangan pada jiwa dan pikiran, sehingga Anda tak terus-menerus memikirkan hal yang memicu Anda stres. Anda juga sebaiknya menghindari kegiatan atau pekerjaan, yang sekiranya membuat Anda memiliki banyak beban pikiran.

Mengonsumsi Makanan Sembarangan

Semakin sehat menu diet Anda selama masa kehamilan, maka perkembangan buah hati Anda akan semakin baik, dan begitu pun sebaliknya. Saat hamil, Anda harus menjaga pola makan Anda dengan saksama. Salah memilih jenis makanan yang dikonsumsi selama kehamilan, dapat mengakibatkan tak optimalnya perkembangan janin yang sedang Anda kandung.

Hindari jenis makanan seperti daging, ikan, dan telur mentah, minuman yang mengandung kafein, serta yang terutama sekali jangan mengonsumsi alkohol. Pada daging ikan mentah misalnya, sering ditemukan mengandung zat merkuri dengan kadar tinggi. Kandungan merkuri dalam ikan mentah ini jika dikonsumsi ibu hamil, dapat mempengaruhi perkembangan daya imun janin Anda.

Melakukan Olahraga atau Latihan Fisik Berat

Saat Anda hamil, sebaiknya hindari olahraga yang menguras banyak tenaga dan membuat fisik lelah. Olahraga yang dimaksud misalnya saja seperti boxing, sepak bola, dan basket. Selain berpotensi menyebabkan dehidrasi, jenis olahraga ini berisiko tinggi menyebabkan lepasnya plasenta dari dinding rahim. Risiko terburuknya adalah gugurnya janin yang Anda kandung.

Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Namanya perempuan, kadang tak merasa percaya diri jika tak memakai sepatu hak tinggi. Namun, demi kepentingan janin yang sedang dikandung, sebaiknya simpan dulu sepatu hak tinggi Anda. Saat tengah hamil dan perut Anda sudah semakin membuncit, Anda mungkin akan merasa tak seimbang saat berjalan. Agar aman saat melangkah, sebaiknya Anda pakai sepatu tanpa hak saja.

Merokok

Jika Anda merokok selama masa kehamilan, sama saja Anda meracuni janin yang sedang Anda kandung. Tak hanya itu, kesehatan Anda pun menjadi terancam karena kebiasaan ini. Kebiasaan merokok saat tengah hamil, dapat menyebabkan janin Anda lahir dalam keadaan prematur. Kemungkinan paling buruk adalah meninggalnya bayi sesaat setelah dia dilahirkan.

Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan, jika selama ini Anda harus mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk penyakit Anda. Beberapa jenis obat-obatan, dianggap berisiko untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena ditakutkan berefek buruk pada janin. Namun, selama dokter mengatakan obat tersebut aman bagi janin, Anda bisa terus mengonsumsinya.

Itulah tadi beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari, agar tak mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Selama masa kehamilan, Anda harus jeli memilih aktivitas serta makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini dikarenakan, semua hal tersebut tak hanya mempengaruhi diri Anda saja, namun juga janin yang sedang berkembang di rahim Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.