Tempat Meminjam Uang di Tahun 2020

Meminjam uang – Roda perekonomian yang acap kali berubah-ubah, sering memunculkan kenaikan harga kebutuhan yang cukup tajam.

Dan seringnya, terjadinya hal itu tidak dibarengi dengan peningkatan penghasilan yang sejalan. Oleh sebab itu, mencari hutangan atau pinjaman uang untuk berbagai keperluan pribadi sehari-hari atau usaha, menjadi jalan alternatif.

Kalo boleh tau, tempat atau lembaga apa saja yang bisa menolong kamu saat sedang cari hutang atau pinjaman uang?

Berikut ini, ada 5 piliha tempat berhutang atau peminjaman uang yang dapat kamu pilih kalau sedang memerlukan dana tunai untuk memenuhi keperluanmu.

  1. Bank

Kalau kamu sedang ingin mencari hutangan atau pinjaman uang, tempat pertama yang dapat kamu coba ajukan adalah di bank.

Lembaga perbankan ialah sumber pinjaman uang atau berhutang yang paling sering dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Melakukan pengajuan pinjaman ke bank relatif lebih terjamin dan aman, namun sebelumnya kamu wajib memenuhi persyaratan yang cukup banyak.

Bahkan kamu juga diwajibkan untuk menjaminkan barang berharga agar proses peminjaman uang yang kamu lakukan dapat diterima bank.

Untuk kamu yang tidak memiliki barang berharga sebagai jaminan? Sekarang bank sudah mempunyai KTA atau Kredit Tanpa Agunan, yang bisa kamu gunakan sebagai pilihan untuk meminjam tanpa jaminan apapun.

Bagusnya kalau kamu memiliki jaminan, jumlah pinjaman yang iberikan oleh bank semakin besar.

Namun, biasanya persyaratan yang dipunyai perbankan untuk orang yang ingin melakukan pengajuan pinjaman cukup rumit dan ketat. Sebab bank mempunyai prinsip prudent atau berhati-hati dalam menyalurkan dana kredit.

Persyaratan yang wajib dipenuhi biasanya adalah slip gaji, rekening koran tabungan 3 bulan terakhir, minimal pendapatan, NPWP, dan banyak persyaratan lainnya. Jadi banyak orang yang tidak bisa mengajukan pinjaman atau berhutang ke bank.

Namun, jika kamu adalah orang yang unbankable ataupun tidak ingin ribet dengan persyaratan yang ada di bank untuk melakukan pengajuan pinjaman, masih ada beberapa alternatif cara untuk meminjam uang tanpa ke bank, antara lain:

  1. P2P Lending

Peer to Peer adalah model bisnis pinjaman yang berasal dari kumpulan dana perorangan untuk dipinjamkan ke masyarakat. Dana-dana tersebut dikumpulkan ke satu badan perusahaan lalu dikelola dan disalurkan oleh perusahaan tersebut ke debitur. Berikutnya bunga dari dana yang terkumpul, yang dipinjamkan akan dibagikan kepada orang-orang penghimpun dana.

Zaman sekarang ini, sudah banyak muncul model bisnis P2P Lending. Kamu bisa lihat dari banyaknya aplikasi pinjaman atau hutang online yang menawarkan berbagai macam pinjaman. Namun kamu wajib berhati-hati jika ingin meminjam uang atau berhutang dengan model bisnis ini. Pilih P2P Lending yang sudah diawasi oleh OJK agar uangmu aman.

  1. Crowdfunding

Crowdfunding adalah model bisnis pengumpulan uang dalam jumlah besar dari masyrakat. Hal ini bertujuan untuk berinvestasi dalam sebuah proyek. Selain itu model bisnis ini dipakai untuk kegiatan sosial. Contohnya membantu bencana alam, fakir miskin, dan lain sebagainya.

Jika kamu mempunyai bisnis atau proyek namun terkendala oleh modal, dapat join dengan model usaha Crowdfunding. Selanjutnya mereka akan memberikan pinjaman atau hutangan dalam menjalankan proyekmu. Model bisnis ini sekarang banyak tersedia di internet dan prosesnya sudah online. Jadi, lebih memudahkan kamu dalam mendapatkan hutang atau pinjaman.

Itulah 3 tempat yang bisa kamu gunakan untuk meminjam uang. Tinggal kamu sesuaikan jenis pinjaman mana yang cocok dengan kebutuhanmu.

Sekian tulisan ini, sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.