Tips Agar Tidak Mudah Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tentu saja tidak baik bagi tubuh. Agar sehat sebaiknya kadar air dalam tubuh tetap normal (terjaga). Dehidrasi ditandai dengan rasa haus yang berlebihan sehingga tubuh menjadi lemas dan mudah sakit kepala.

gambar dari sajiansedap.grid.id

Dehidrasi juga membuat kulit kering dan rentan terkena penyakit atau luka. Dehidrasi juga menyebabkan terkena kolesterol tinggi dan tentu saja bermasalah dengan kandung kemih serta ginjal. Dehidrasi tidak boleh diremehkan karena tubuh manusia terdiri dari 75 persen cairan yang terletak di darah, tulang, dan sel-sel dalam otot. Tulang juga sebagian besar terisi oleh air sehingga asupan air setiap hari harus cukup. Lalu hal apa saja yang harus dilakukan agar tidak terkena dehidrasi?

Perbanyak Minum Air Putih

Minum yang banyak memang sangat baik untuk tubuh terutama bagi orang yang sedang berdiet. Ukuran air yang harus dikonsumsi setiap hari minimal 2 liter atau 8 gelas per hari sehingga kalau kurang dari itu bisa dipastikan akan terkena dehidrasi.  Minum yang banyak atau cukup akan membuat jadwal buang air kecil lebih teratur sehingga toksin atau racun di dalam tubuh bisa terbuang dengan lancar. Terkadang memang malas untuk minum karena mungkin tidak terasa haus tetapi harus dipaksakan banyak mengonsumsi air. Buat saja diri haus sehingga harus minum air, misalnya dengan makan makanan yang pedas. Kalau tidak terlalu suka minum air sebaiknya buat air lebih mudah dikonsumsi misalnya diberi batu es sehingga airnya dingin dan menarik untuk diminum karena segar.

Baca info lain  Tips Diet yang Mudah Ala Artis

Kurangi Konsumsi Garam

Makanan yang asin atau mengandung banyak garam sebaiknya dikurangi karena menyebabkan kekentalan cairan dalam tubuh sehingga mudah terkena dehidrasi. Kandungan garam yang tinggi bisa meningkatkan kebutuhan cairan tubuh sehingga kalau air yang diminum sedikit maka bisa dipastikan akan dehidrasi. Sebaiknya hindari makanan asin karena menyebabkan berbagai macam penyakit seperti darah tinggi dan jantung. Orang yang suka makanan asin harus berhati-hati karena rentan dengan penyakit-penyakit yang serius.

Konsumsi Buah dan Sayur

Perbanyak konsumsi buah dan sayur tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah dan sayur mengandung banyak serat dan air sehingga bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Buah dan sayur bisa membuat perut lebih kenyang dalam waktu lama sehingga terhindar dari kebiasaan mengemil yang tidak baik bagi orang yang berdiet.

Konsumsi Yogurt

Yogurt atau susu asam bisa menghindarkan diri dari dehidrasi. Yogurt mengandung 85 persen air yang bisa memberikan asupan cairan tubuh sebagai pengganti air. Yogurt juga mengandung banyak nutrisi, kalsium, dan protein sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan ini tentu saja sangat baik bagi tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi terutama saat sedang berpuasa. Agar yogurt lebih enak untuk dikonsumsi bisa ditambahkan buah-buahan segar sehingga rasa asamnya tidak terlalu terasa.

Baca info lain  Waspadai Ponsel Menyebabkan Kerusakan Kulit

Konsumsi Alternatif Air Lainnya

Jika kurang suka minum banyak air bisa menggantinya dengan makanan atau jenis minuman lain yang mengandung banyak air. Cobalah minum air yang telah dicampur atau direndam dengan buah-buahan yang diberi nama infused water. Air rendaman buah itu sangat segar dan rasanya enak sehingga bisa diminum dalam jumlah banyak tanpa disadari. Minum jus buah yang diberi banyak air juga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi karena dehidrasi sangat berbahaya bagi tubuh. Cara termudah untuk mengetahui dehidrasi atau tidak dari urin. Kalau urin berwarna gelap atau kuning pekat berarti kurang air. Urin yang sehat berwarna putih atau bening.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.